ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

ARTIKEL MOTIVASI

BUKAN CUMA ALLAH, MANUSIA PUN JATUH CINTA - Zuhud Dalam Hadis
by : Zaharuddin


Dalam al-Qur'an, terdapat beberapa ayat mengenai sifat dan sikaf manusia sehingga membuatnya mendapatkan cinta dan kasih sayang dari Allah. Seperti Allah mencintai orang-orang yang sabar, mencintai orang yang bertaubat, dan sebagainya. Dalam pembahasan ini, penulis melihat dari sudut pandang hadis meskipun harus juga dikuatkan oelh al-Qur'an bahawannya Nabi pernah mengatakan golongan orang yang dicintai Allah bila melakukan hal yang disebutkan dalam hadis. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan buka link link lanjutan di bawah  


                                                                                    

NILAI KEBAIKAN DAN KEBURUKAN berdasarkan Hadis
by :  Zaharuddin


Allah pasti akan membalas seluruh amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Besar atau kecilnya sebuah perbuatan pasti diberikan balasan. lantas berapakah nilai sebuah perbuatan yang Allah berikan balasan terhadap suatu perbuatan ?, perlu juga dijadikan sebagai bahan introspeksi diri dalam memperbanyak melaksanakan ibadah kepada Allah karena tidak ada orang yang berharap hasil timbangan amal keburukan di akhirat nanti lebih berat dan lebih banyak di bandingkan amal kebaikan selama hidup di dunia.


                                                                                    

JANJI ALLAH DAN JANJI MANUSIA
by : Zaharuddin



Dalam pembahasan ini, menggambarkan bagaimana janji Allah yang terdapat dalam al-Qur'an, baik dalam bentuk balasan kebaikan begitupula balasan siksaan terhadap pelangarnya pasti akan ditunaikan kepada manusia. Berbeda dengan janji manusia yang tergantung bagi individu yang mengucapkan sebuah janji. Serta dalam pembahasan ini, terdapat pula hikma dari pada sebuah janji, tentunya dikaitkan kepada ibadah.


                                                                                    

HADIS TENTANG LARANGAN MENYIKSA HEWAN
by : Zaharuddin


Saya sangat senang melihat orang yang memiki kegemaran dalam memelihara hewan karena ada hal yang luar biasa manfaatnya di balik kegemaran mereka. Orang yang memelihara burung selalu menarik perhatian banyak orang karena bunyi dan kicauan yang di hasilkan dari burung sangat merdu dan membuat hati terasa senang. Orang yang memelihara hewan ternak karena dapat menjadi makanan tambahan pada suatu waktu di kemudian hari. Tapi, sangat sayangkan bila hewan peliharaan tersebut dipelihara dan bahkan di kurung dan tidak dipedulikan dalam memberinya makanan, sehingga hewan tersebut tersiksa kelaparan dan tidak dilepaskannya untuk mencari makanan sendiri di alam bebas. seperti riwayat seorang perempuan yang konon katanya masuk neraka hanya karena mengurung seekor kucing dan tidak diberinya makanan. Hadis yang bersangkutan dapat di baca dalam artikel ini.


                                                                                    

CARA MENYAMBUNG SILATURRAHIM
by : Zaharuddin


Setelah melihat pembahasan sebelumnya tentang silaturrahim, maka pembahasan kali ini adalah Bagaimana cara menyambung silaturrahim itu. Dalam pembahsan ini, terdapat beberapa hadis yang menjadi patokan yang sangat dasar dalam memulai silaturrahim. Diangkatnya topik bagaimana memulai silaturrahim karena di banyak hal dan kondisi, manusia paling sering susah dalam memulai sesuatu.Semoga hadis yang cantumkan mampu memberi inspirasi demi menyambung silaturrahim.


                                                                                    

SILATURRAHIM BUKAN HANYA SEKEDAR PERINTAH
by :  Zaharuddin


Dalam hidup ini, terkadang ada yang membuat seseorang larut dalam kehidupan yang pahit dengan banyak masalah yang dialaminya. Ada juga yang nampaknya terlihat sangat enjoy bagaikan hidup tanpa masalah. Allah mengingatkan dalam al-Qur'an bahwasannya terkadang hal yang menurut kita baik ternyata hal itu tidak bagus untuk hidup kita. Sebaliknya, terkadang yang kita anggap jelek ternyata bagus untuk diri kita, sesungguhnya Allah mengetahi Apa yang tidak kita ketahui. Silaturrahim adalah suatu kegitan yang sangat bermanfaat bagi seseorang dalam mengarungi kehidupan di dunia.


                                                                                    

BACALAH ! Ada hal yang jarang di ketahui tentang orang tua
by : Zaharuddin

Salah satu orang yang paling dan paling dekat sama kita adalah orang tua kita, lantas , sangat di sayangkan bila ada hal yang mestinya diketahui dan di lakukan kepada mereka tapi tidak terlaksana. Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, lakukanlah yang terbaik, berikanlah yang terbaik kepada mereka, karena sesunggunya itu belum bisa membalas jasa orang tua kepada kita.


                                                                                    

Faedah Membaca al-Qur'an dan Terjemahnya
by : Zaharuddin


Betapa menyenangkannya bila saat membaca al-Qur'an dan kita menemukan sesuatu dari apa yang ktia baca. minimal ayat tersebut bekaitan dengan apa yang telah kita alami, sedang kita alami atau bahkan mengenai jawaban atas perencanaan kita di masa mendatang. Olehnya itu, akan sangat membantu bila kita mencari tah arti dari ayat yang kita baca. TERUSLAH MENGAJI !!


                                                                                    

Keistimewaan Bulan Ramadhan
by : Zaharuddin


Terkadang kita melihat saudara-saudara kita masih ada yang belum mampu menjalankan ibadah dengan maksimal dalam bulan ramadhan. Apalagi di kesibukan mereka dalam mencari uang dengan pekerjaan yang sangat menguras tenaga, sehigga puasa bagi mereka terasa sangat berat dan menurutnya dapat membuat pekerjaan mereka beresiko tinggi.dan mash banyak lagi alasan yang lain, namun perlu diketahui bahwa bulan ramadhan itu adalah bulan lain dari pada yang lain.


                                                                                    

Cara agar semangat beribadah - KEBIASAAN dan KETEKUNAN
by : Zaharuddin



 Ada beberapa fakor yang sangat berpengaruh dalam melaksanakan ibadah. dan yang dibutuhkan di era millenial ini adalah faktor yang bisa membuat kita agar rajin beribadah.pada penjelasan ini, saya mengumpamakan seorang perokok yang kecanduan dan susah berpisah dari rokoknya.


                                                                                    

Cara Taubat Nasuha
by : Zaharuddin



Taubat menjadi salah satu jalan yang harus di tempuh oleh seorang muslim bila ia ingin berubah menjadi muslim yang lebih baik. Karena dalam bertaubat terdapat niat yang tulus dalam meniggalkan segala hal yang tidak benar dan menggantinya dengan kebaikan. Lantas, seperti apakah taubat itu ?

                                                                                    

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat Beribadah
by : Zaharuddin


Seiring berjalannya waktu, corona covid 19 makin bertambah banyak. pada update terahir di Indonesia mencapai 8.882 kasus positif dan merenggut 743 jiwa pertanggal 26 April 2020 pukul 16.00 WIB. Bahkan bencana ini sangat meresahkan umat muslim karena zona merah merambat masuk ke daam bulan Ramadhan yang pada akhirnya kemeriahan ibadah ramadhan di mesjid tidak berjalan pada biasanya. Tentunya ini menjadi ajang renungan untuk kita semua.


                                                                                    

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset Sebagai Motivasi Ibadah
by : Zaharuddin


Pentingnya mngontrol Niat dan mindset karena niat dan mindset mampu mengontrol segala hal yang ada di dalam diri kita maupun di luar diri kita yang berkaitan dengan kehidupan kita. Ada hal dalam tubuh manusia, jika ia baik maka yang lain aakan ikut baik, dan jika ia buruk maka segalanya akan ikut buruk. selanjutnya, Silahkan  baca dalam artikel ini.


                                                                                    

Analisa Kondisi Sosial Millennial - Introspeksi Diri
by : Zaharuddin


Terrkadang seseorang shalat hanya karena suatu tujuan dan kondisi yang tertentu, berdasarkan pengamatan dan temuan penulis mengenai kondisi yang dilihat di keseharian sekitar, penulis ingin berpendapat bahwa adakalanya seseorang itu beribadah atau tidak beribadah sama sekali, dalam hal ini shalat 5 waktu, karena 1. Ada maksud tertentu saat melaksanakan shalat, 2. dst.



                                                                                    

MOTIVASI IBADAH - MASALAH MALAS DAN PENGARUHNYA
by : Zaharuddin


Ini adalah pembahasan yang sangat urgen dan paling urgen khusus kepada kita sebagai umat Islam yang mestinya menjaga dan mempertahankan agama Allah ini karena kitalah sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini yang menjadi penggantinya dalam memakmurkan dunia dan agama-Nya.

Terlebih lagi di era 20an ini, di zaman millennial yang penuh dengan cobaan seiring dengan perkembangan zaman yang makin modern pula, sehingga kebutuhan akan nasehat religi sangat diperlukan demi menjadi insan yang mulia, beriman dan bertawa kepada Allah Swt. Lantas, metode apakah yang sangat di butuhkan saat ini sehingga kita bisa konsisten beribadah kepada-Nya ?


                                                                                    

Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

Keistimewaan Bulan Ramadhan

ARTIKEL BERSPONSOR