ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

MEMAHAMI AYAT DENGAN AYAT - TAFSIR BIL MA'TSUR

MEMAHAMI AYAT DENGAN AYAT - TAFSIR BIL MA'TSUR
by :  Zaharuddin

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Perkenankan, pembahasan singkat dalam memahami ayat al-Qur'an dengan menggunakan ayat lain yang bisa dikenal dalam istilah metode tafsir bi al-ma'tsur. cara ini sudah diterapkan oleh para ulama kita khususnya yang bergelut dalam dunia tafsir al-Qur'an. Cara ini dilakukan oleh mereka karena pada umumnya, jika kita memperhatikan ayat al-Qur'an dan juga disertai dengan artinya bahwa terlihat di banyak ayat yang menjelaskan sendiri makna suatu ayat.

       Kita akan mengupas sedikit mengenai tafsir, bahwa secara bahasa Arab "fassara" artinya menjelaskan atau menerangkan sehingga bentuk isimnya "tafsir" berarti penjelasan atau keterangan. penjelasan ini bisa dilihat dalam buku studi ilmu al-Qur'an oleh Muhammad Ali. begitupula tafsir dalam istilah adalah suatu ilmu dalam menerangkan, menjelaskan dan memahami ayat al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, baik dari segi makna, hukum dan juga hikmah yang terkandung dalam Ayat.

      Tafsir bil ma'tsur itu sendiri sebgaimana oleh al-Zahabiy :

( Klik Gambar - Lebih Jelas )

Bahwasaannya dalam al-Qur'an itu sendiri terdapat penjelasan dan uraian terhadap sebagian ayat yang lain, dan ayat juga di jelaskan dari Nabi Saw, sahabat dan juga tabi'n karena merekalah yang lebih akrab dan dekat pada masa turunnya al-Qur'an.

      Dari sini bisa di pahami bahwa tafsir dengan cara bil ma'tsur itu adalah cara yang ditempuh dalam memahami ayat dengan menggunakan ayat al-Qur'an sendiri, atau dari ayat yang lain, dan juga penjelasan dari hadis Nabi dan tentunya yang lebih kuat / sahih, perkataan sahabat dan tabiin. karena pada saat turunnya al-Qur'an, merekalah yang lebih dekat dan paling berpotensi mengetahui penjelasan al-Quran baik dari Nabi atau hadir pada saat ayat di jelaskan di suatu tempat. Olehnya itu, dapat dikatakan bahwa dasar dan sumber dari hasil penafsiran bil ma'tsur itu kuat karena dari penjelasan yang kuat pula.

        Pada masa perkembangan islam, kehati-hatian ulama dalam memahami ayat sangat menonjol, sehingga jika ada yang ditanya mengenai tafisr ayat maka tidak seraya menjawab tanpa alasan yang lebih pasti dan meyakinkan. Sehigga mulailah menetapkan dan bahkan membukukan tafisr bil matsur ini menjadi sebuah disiplin ilmu yang disepakati dan dipelopori oleh Ali bin Abi Talhah. Tentunya bila menelusuri lebih lanjut mengenai sejarah tafsir ini, maka terdapat kronologi kejadian yang penting untuk di catat. walau dalam tulisan ini hanyalah merupakan resume umum, namun bisa memberi gambaran dalam memahami ayat al-Qur'an.

CONTOH TAFSIR AYAT  DENGAN AYAT

      Sebagai contoh yang dapat di ambil dari hasil penafsiran bil ma'tsur dengan menggunakan tafsir ayat dengan ayat, saya ingin memberikan contoh yang tidak terlalu ribet, silahkan bukan surat al-Baqarah awal al-Qur'an pada ayat 2 :

( Klik Gambar - Lebih Jelas )

Dalam ayat di atas terdapat kata Muttaqin, arti kamusnya adalah orang yang bertaqwa, maka timbul pertanyaan, siapaka orang bertaqwa yang di maksudkan dalam al-Qur'an ? Nah sekarang, sahabat-sahabatku yang tercinta, karena ini metode pahami ayat dengan ayat juga, maka jangan berhenti dalam satu ayat saja, maka coba lanjutkan baca ayat berikutnya :

( Klik Gambar - Lebih Jelas )

Dari ayat dua inilah terlihat sangat jelas bahwasannya orang yang bertaqwa itu adalah kelompok orang yang dijelaskan pada ayat selanjutnya, yaitu orang yang beriman kepada yang gaib, mendirikan shalat dan orang yang senantiasa menafkahkan sebagian dari rezki yang diberikannya, dan juga orang yang beriman kepada apa yang telah diturunka kapada Nabi Muhammad Saw, dan yang telah diturunkan kepada orang sebelum Nabi Muhammad dan orang yang meyakini hari akhirat, maka merekalah golongan orang yang mendapatkan hidayah dari Allah dan termasuk orang yang beruntung. Apakah anda sudah termasuk dalam golongan ini ? berarti anda adalah orang yang akan beruntung.

Itulah salah satu contoh memahami ayat dengan menggunakan ayat yang lain. sepertinya tidak terlalu rumit . olehnya itu, jika anda sedang membaca al-Qur'an maka sebisa mungkin untuk memperhatikan arti dari sebuah ayat ke dalam bahasa yang dipahami, dalam hal ini gunakanlah terjemahan dari kementerian Agama RI yang sudah disepakati oleh mayoritas ulama di Indonesia.


BACA JUGA : Faedah Membaca al-Qur'an dan Terjemahnya     

Dalam tafsir bil ma'tsur, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam memahami ayat bukan hanya terbatas pada ayat saja, tapi bisa juga sebuah ayat di jelaskan langsung oleh Nabi melalui sebuah hadis. Olehnya itu, ada juga ayat yang dalam memahaminya dibutuhkan membuka kitab-kitab hadis, utamanya hadis yang kuat. memahami Ayat dengan ayat saja masih ada beberapa kategori lain yang mesti diperhatikan. seperti ayat-ayat yang pendek, ayat yang panjang, ayat yang mujmal dan juga ayat yang mufassal.

Begitupula yang telah di jelaskan oleh prof Quraish Shihab bahwa mengenai peran penting bahasa dalam menafsirkan ayat dengan bil ma'tsur. karena itu berhubungan dengan pemahaman akan arti sebuah ayat.

Adapun mengenai tafis ayat dengan hadis, pendapat sahabat dan tabiin. jika masih di beri kesehatan, maka di upayakan juga hadir dalam situs ini.

      Saya kira cukup sekian dulu dalam pertemuan kali ini, semoga ada manfaatnya, akhirul kalam.

Wassalam


Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

Keistimewaan Bulan Ramadhan

ARTIKEL BERSPONSOR