Penyebab Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan

MALAM LAILATUL QADAR
by : Zaharuddin

(Terdapat Juga Dalam Video )

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sahabat-sahabat yang berbahagia, setelah menjelaskan keistimewaan bulan Ramadhan pada pertemuan-pertemuan sebelumnya. Penulis ingin mengangkat salah satu tema yang terkait dengan keistimewaan bulan ramadhan yakni dalam bulan Ramadhan terdapat sebuah malam ketika orang beribadah pada malam itu maka ia bagaikan beribadah selama 1000 bulan lamanya yang dikenal dengan istilah malam lailatul Qadar.



ARTIKEL TERKAIT : Terbaru ! Keistimewaan Bulan Ramadhan

       Di dalam al-Qur'an, surah yang paling familiar dengan lailatul qadar adalah QS. al-Qadar dari awal sampai akhir. Jika kita membaca surah tersebut, nampak sangat jelas bahwasannya al-Qur'an diturunkan pada lailatul Qadar, dapat dilihat pada kitab fath al-Qadir oleh imam al-Syauqaniy :

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

Di mana beliau mengatakan dalam tafsirnya bahwa malam lailatul Qadar itu adalah malam diturunkannya al-Qur'an secara sekaligus dari lauh al-mahfudz menuju langit-langit dunia. Dan turun kepada Nabi di dunia secara bertahap melalui malaikat jibril ( berdasarkan pendapat sejarah bahwa 17 ramadhan ayat mulai turun kepada Nabi dan dikenal sebagai malam peringatan nuzulul qur'an).

Sementara dalam kitab tafsir Ibn Katsir bahwa :

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

bahwa riwayat dari Ibn Abbas mengatakan al-Qur'an turun sekaligus dari lauh al-Mahfuds menuju baitul izzah di langit Dunia.

Hal ini memberi informasi kepada kita bahwa ada kalimat "al-Qur'an diturunkan" dan ada juga "malam lailatul Qadar" . Jadi perlu di bedakan bahwa lailatul Qadar itu sendiri bukan al-Qur'an yang di maksudkan tapi waktu turunnya al-Qur'an. Nah Sekarang,

APA ARTI LAILATUL QADAR ITU SENDIRI ?

Kita kembali melihat lanjutan tafsir ayat tersebut,

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )


Dalam tafsir al-Sayuqaniy bahwa dikatakan al-Qadar karena dalam malam itu Allah menetapkan takdir sesuatu seperti ditetapkannya resekinya. Ada yang mengatakan bahwa terjadi ketetapan takdir yang besar. Seperti itulah gambaran tentang kejadian lailatul Qadar.

ADA APA DENGAN LAILATUL QADAR ?

Ayat selanjutnya mengatakan bahwa keistimewan lalilatul Qadar ini karena 1 malam ini lebih baik dari 1000 bulan, kita tengok pendapat ulama berikut tentang lailatul Qadar

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

Bahwasannya orang yang beramal pada malam itu lebih baik bila ia beramal selama 1000 bulan. Di sisi lain, malam itu adalah malam penuh berkah karena dalam ayat lain pada kutipan gambar sebelumnya bahwa al-Qur'an turun pada malam yang diberkahi.

Selain dari pada ini, pada ayat selanjutnya bahwa pada malam lailtul Qadar, ada banyak malaikat yang turun pada malam itu beserta malaikat jibril (dipahami dari kata ruh sebagaimana dari kitab al-Sayuqani ) karena merupakan perintah dan izin dari Allah agar para malaikat turun dari langit ke bumi.

       Bertolak dari pembahasan di atas, ada beberapa poin penting yang perlu dicatat mengenai lailatul Qadar, seperti :

- Lailatul Qadar itu Sendiri
- Al-Qur'an diturunkan sekaligus pada malam lailatul Qadar dari lauh al-mahfuds ke langit dunia
- AL-Qur'an diturunkan pada malam yang diberkahi
- Satu malam lebih baik dari 1000 bulan
- Malam ditetapkannya takdir (Ada yang mengatakan; Qadrun 'Adzim, ketentuan yang besar)
- Malaikat turun berbondong-bondong beserta Jibril
- Terjadi pada bulan ramadhan (al-Qur'an turun pada ramadhan, lebih jelasnya di lailatul Qadar)

Cat. Poin ini dikumpulkan dari penjelasan tafsir Fath al-Qadir

Poin-poin penting di atas merupakan hal-hal yang aneh bin ajaib, tidak seperti biasanya pada malam malam yang lain. mungkin masih ada hal lain yang belum sempat disebutkan oleh penulis.

         Yang paling mengesankan bahwa perihal aneh ini terjadi hanya dalam 1 malam, lebih dahsyatnya terjadinya pada bulan ramadhan yang dikenal dengan bulan penuh rahmat, pahala amal ibadah dilipat gandakan. maka satu pertanyaan, APAKAH WAJAR BILA ORANG YANG BERAMAL PADA MALAM ITU AKAN LEBIH BAIK DARIPADA DIA BERAMAL SELAMA 1000 BULAN ??

        Sungguh sangat menyentuh hati dan sangat mengagumkan, serta sangat beruntung dan paling beruntung bila orang beramal pada malam itu. setelah ini, apakah anda masih belum tertarik untuk lebih menambah porsi amal ibadahnya ?? terutamanya pada malam lailatul Qadar.

KAPAN TERJADINYA MALAM LAILATUL QADAR ?

Ada banyak hadis yang berbicara mengenai lailatul qadar, seperti hadis riwayat dari imam Bukhariy :

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

dalam di atas dapat dilihat bahwa lailatul qadar ini terjadi pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan, tapi beliau menambahkannya bahwa terjadi di malam ganjil. kata ganjil ini dikuatkan dalam hadis lain :

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

Yang ganjil itu disebutkan oleh Nabi; 9 terakhir (malam 21), 7 terakhir (malam 23), atau 5 terakhir (malam 25). tapi selain dari hadis tentang terjadinya pada malam GANJIL, ada juga yang meriwayatkan pada malam yang GENAP walau riwayatnya lebih sedikit dari yang ganjil, tapi masih dalam riwayat Bukhariy, seperti:

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

Riwayat tersebut di atas menyuruh juga untuk menantikan malam laiatul qadar di malam yang genap yakni pada malam ke-24.

selain dari pada hadis di atas, masih dalam kitab al-Bukhari bahwa terjadinya pada 7 malam terakhir :

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

Hanya saja, dari hadis tidak ada yang memastikan waktu paling tepat pada malam ke berapa di bulan ramadhan. Dalam redaksi teks hadis juga, Nabi menyarankan untuk mencarinya di 10 atau 7 malam terakhir.

meski demikian, salah satu hadis di atas tentang pembenaran Nabi atas sebuah mimpi sahabat. di mana pada mimpi itu terjadi pada malam ke 21 bulan ramadhan dengan melihat pertanda bahwasannya Nabi i'tikaf di mesjid sehingga turun hujan dan membasahi mesjid sehingga dahi Nabi Saw penuh lumpur dan basah saat setelah sujud. Apakah mungkin turunnya hujan pada saat itu merupakan tanda terjdinya lailatul qadar ? dan siapa tahu juga, berbeda kondisi pada negara atau daerah selain dari negeri padang pasir tersebut, di mana ketika turun hujan merupakan kebahagiaan dahsyat bagi orang Arab.

Jadi, MALAM GANJIL ATAU GENAP ?

Ganjil atau genapnya sama-sama memiliki dalil, dan ke semuanya hadis dari Bukhari yang mayoritas mengakui kekuatan hadis yang diriwayatkannya.

Saya pribadi mengatakan bahwa bukan dari segi kapan waktu dan banyaknya pahala yang didapatkan pada malam lailatul qadar karena kita semata-mata mencari ridha dan rahmat Allah, saya hanya memandang dari segi konsistensi kita dalam beribadah. karena dengan konsisten maka amalan akan lebih disukai Allah. Tapi pahala juga sangat mendukung dan membantu kita dalam memperoleh Ridha dan rahmat Allah.  semoga dengan menegakkan malam lailatul qadar dengan memohon pahala maka dari situ kita akan mendapatkan ampunan dari Allah

BACA JUGA : Cara Agar Amalan Disukai Allah - KECIL TAPI KONSISTEN

Oleh karenanya, jangan cuma beribadah pada 10 malam terakhir saja, akan tetapi perbaikilah ibadah kita secara konsisiten bukan hanya pada bulan ramadahan tapi bulan bulan selain ramadhan juga. Anggap saja ini adalah bonus dari  Allah bagi orang yang beriman dan bertaqwa kepadanya. Yang pada intinya adalah kembali ke jalan Allah dengan ibadah yang rutin.

APA YANG MESTI DILAKUKAN SAAT LAILATUL QADAR ?

Saya ingin menjawab pertanyaan ini dengan tetap kembali melihat redaksi hadis di atas bahwasanya perbanyakalah mendekatkan diri kepada Allah, sebagaimana yang dilakukan Nabi beserta sahabatnya di 10 terakhir ramadhan dengan cara ber I'TIKAF berupaya mendekatkan diri kepada Allah dengan amal shaleh (bukan tidur dan main gadget), dengan berdiam diri di mesjid sambil berzikir, dsb. Jika i'tkafnya bukan di mesjid, bagaimana ?

Di katakan mesjid karena makna dari i'tikaf itu sendiri adalah berdiam diri di mesjid. Sebagaimana pendapat imam al-Nawawiy bahwa i'tikaf secara bahasa adalah menahan. dan beliau mengistilahkannya dengan berdiam diri di mesjid untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah. Di sisi lain, hadis tentang i'tikaf selalu berkaitan dengan mesjid Atau mungkin ada redaksi lain dari hadis yang lebih sahih atau kuat bahwasannya i'tikaf itu bukan hanya di mesjid, mungkin di rumah, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara dalam mendekatkan diri kepada Allah, baik dengan ibadah shalat sunnat apalagi yang wajib, berdoa memohon ridha dan ampunan Allah mengaji dan memahami ayat, bersedekah, membantu dan memberi makan orang yang lapar, berzikir. Alangkah baiknya jika cara mendekatkan diri kepada Allah bukan hanya demi menanti malam lailatul qadar tapi konsisiten di segala waktu-walau di luar bulan ramadhan.

( Klik Gambar - Teks Lebih Jelas )

"beribadah pada malam lailatul qadar dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, maka dosanya akan diampuni"

Semoga dengan informasi tantang lailatul qadar, semangat dalam beribadah masih terus bertambah. semoga ada manfaatnya, jika ada komentar , sebaiknya berilah komentar yang membangun dan saling mendukung satu sama lain dalam memotivasi dalam beribadah.

Jika ada manfaatnya maka silahkan di ambil, jika masih banyak salahnya maka biarlah untuk kami dan diperbaiki. sekian

Wassalam

Comments

Popular posts from this blog

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Power of Word - RAHASIA DIBALIK UCAPAN

HADIS TENTANG KESEHATAN DAN WAKTU LUANG

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan