ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

HIDUP NORMAL - Hidup Sehat dalam Perspektif Ibadah

HIDUP NORMAL ALA POLA HIDUP SEHAT ( KACAMATA IBADAH )
by : Zaharuddin

Assalamu Alaikum Wr Wb.


"Teori Dasar Terkadang Sering Terlupakan -
Hal Kecil Paling sering Dianggap Remeh"

Pembaca motivasiibadah.com yang kami banggakan, semoga semua senantiasa dalam lindungan Allah Swt. Amin Ya Rabbal Alamin. Puji Syukur atas kebesaran Allah Swt, atas karunia, reseki dan magfirah-Nya kepada segenap hamba yang selalu beriman dan bertaqwa. Salawat dan taslim kepada Nabi Muhammad Saw yang telah menjadi panutan bagi seluruh umat manusia.

Hidup tidak selalu sesuai dengan apa yang diharapkan. Seseorang terkadang mendambakan hal yang sangat diinginkannya ternyata tak kunjung memberikan jawaban positif kepada harapannya. Meski demikian, perintah untuk selalu  berjuang keras dan tidak berputus asa dalam mendapatkan harapan itu senantiasa di temukan dalam ajaran agama islam. Apakah itu berupa Ayat, hadis ataupun nasehat para ulama.

Walau beberapa bulan terakhir ini, keresahan masyarakat atas mewabahnya corona covid 19 di berbagai mancanegara yang sampai saat ini tak kunjung ditemukannya vaksin akan wabah tersebut. tapi, nampaknya, kesatuan antara pemerintah, tenaga medis, atau pihak yang terkait dalam penanganan wabah ini, sudah mulai memberikan hasil yang positif dengan fakta data kesembuhan sudah mulai melonajak tinggi. itu berarti, penanganan terkait virus ini sudah mulai terkendali. Dengan apresiasi yang sangat besar patut diacungkan jempol atas kebersatuan dalam mencegah dan penyebaran dan membunuh virus pandemi ini.

Ada banyak hal yang dapat dijadikan bahan introspeksi diri terkait penyebaran virus ini. sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya adalah terkait tindakan pemerintah dan kesehatan dalam melakukan pencegahan virus seperti PSBB (Pembatasan Sosial Bernilai Ibadah), hal ini dapat bernilai ibadah sebagaimana dalam postingan dengan judul pembatasan sosial bernilai ibadah, yakni terkait aktifitas yang bisa dilakukan agar bernilai ibadah pada masa PSBB tersebut.

SILAHKAN BACA : Pembatasan Sosial Bernilai Ibadah

Terkait juga dengan hal di atas, kadar normal dalam kehidupan dalam menjaga diri dari penyakit dengan terbiasa hidup bersih atau menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat seperti mengkomsumsi makanan halal dan sehat, olahraga dan sebagainya.

HIDUP NORMAL

Kata Normal itu sendiri sebagaimana dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, dalam redaksi onlinenya dapat dilihat dalam gambar berikut :

(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Dalam hal ini nomal bila aktifitas sesuai dengan pola atau aturan umum. Mungkin dapat dipahami bahwa hidup normal dapat diartikan sebagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari yang sesuai dengan aturan umum, keadaan umum, dan tidak menyimpang dari keadaan biasanya.

HIDUP SEHAT PERSEPKTIF IBADAH

Dapat dimulai dari sebuah hadis riwayat dari imam Muslim, sebagaimana berikut :

(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Hidup bersih dalam hadis marupakan sebagian dari iman digambarkan Dalam pepatah kesehatan "Bersih itu sehat" atau "bersih itu indah" di mana Allah itu menyukai hal-hal yang indah.

Jikalau hidup normal itu sesuai dengan keadaan aturan umum pada biasanya, maka jika dikaitkan dengan aturan perspektif dalam beribadah, dalam hal ini dikaitkan dengan iman dan kepercayaan kepada al-Qur'an dan hadis, maka hidup nomal dari sisi hidup sehat itu dapat mengikuti salah satu atau beberapa anjuran dari ajaran agama, apakah itu dari al-Qur'an ataupun hadis. Hal ini dapat dilihat dalam uraian singkat berikut, seperti :

1. Terbiasa Mencuci Tangan

Dalam praktek ibadah, khususnya dalam ajaran agama Islam, kebiasaan mencuci angggota badan itu sangat terlihat dalam proses berwudhu. Mulai dari mencuci tangan, berkumur-kumur bahkan bersiwak dengan menggosok dan membersihkan gigi, muka, tangan sampai siku, rambut kepala, telinga dan juga kaki. Tentunya anggota badan tersebut sangat rentang dengan kotoran yang bisa membawa penyakit. Apalagi dengan tangan yang mengantarkan makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Maka wajar dalam ilmu kesehatan menganjurkan mencuci tangan sebelum makan.

Ada beberapa hadis yang bisa ditemukan terkait dengan wudhu. Seperti satu hadis yang menyuruh agar menyempurnkan wudhu, menyela jari jemari, membershkan hidung kecuali saat berpuasa. Tentunya hadis yang bekaitan dengan ini sangat mendukung dalam mencuci tangan.

2. Gunakan Tangan kanan Saat Makan dan Baca Basmalah


(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Setelah mencuci tangan, maka ada yang diajarkan dalam agama untuk menggunakan tangan kanan. Sebagai catatan karena tangan kiri itu terbiasa dengan hal yang kotor seperti beristinja dengan tangan kiri. Tentunya dalam hadis di atas, jika hendak makan maka serukanlah nama Allah, bacalah bismillah sebagai asumsi bahwasanya berdoa sebelum makan itu dibiasakan agar makan tersebut menjadi berkah dan terhindar dari gangguan jin yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan sehingga bisa menjadi penyakit.

3. Konsumsi Makanan Sehat

(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Berbicara tentang makan halal dan baik dalam ajaran agama islam memiliki ketentuan tersendiri dan dipermantap dalam penjelasan ilmu fiqih oleh para ulama demi memberikan pemahaman kepada masyarakat islam. Seperti halnya al-Qur'an melarang memakan bangkai, darah, daging babi dan bahkan apa yang disembelih tanpa menyebutkan nama Allah. Binatang bertaring, yang dipukul hingga mati, dan lain sebagainya terkait dengan makanan yang dihalalkan.

Adapun terkait dengan makanan yang baik yakni makanan yang bagus untuk kesehatan seperti dengan mengkonsumsi makanan yang bervitamin, bergizi untuk memperbaiki kekebalan tubuh terhadap virus yang bisa menyerang dan membuat tubuh lemah dan sakit. Dari sini pula ada teori yang dipahami bahwa makanan halal tapi tidak baik untuk tubuh. Mengingat anjuran tenaga medis bagi orang yang pantangan makanan dan setidaknya menghindari makanan yang bisa membuat kondisi fisik orang yang sakit tambah parah. Dengan gejala flu berat maka sangat tidak cocok bila minum es, atau makanan yang kadar lemaknya tinggi.

4. Makan Jangan terlalu kenyang

(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Dengan makan yang berlebihan, membuat sesak nafas karena makanan yang masuk tak menyisakan lagi tempat rongga udara untuk bernafas, bukan kah hal ini tidak membuat seseorang merasa tidak nyaman ? makanlah secukupnya semoga makanan yang masuk ke dalam tubuh memberi keuakatan untuk terus beribadah.

5. Tidur yang cukup, dan bangun sepertiga malam

Banyak orang yang sepakat bila tidur itu adalah waktu istrhatnya anggota tubuh, jiwa dan raga. Ada orang yang berpendapat bahwa bangunnya seseorang itu pada sepertiga malam mampu merefresh otak lebih cerdas. Saat itu pula merupakan waktu yang sangat mujarrab dalam beribadah kepada Allah. Sepertinya, bangun shalat tahajjud di sepertiga malam ini merupakan resep kesehatan yang jarang diketahui oleh banyak orang. atau mungkin sudah diketahui namun masih kurang dan tidak peduli dalam mempraktekkannya.

6. Olah Fisik / Olahraga

(Klik Gambar -Teks Lebih Jelas )

Olah raga keterampilan fisik pada masa Nabi sangat diperlukan, apalagi dalam hal memanah maka aktifitas ini sangat membantu pada masa peperangan dan merupakan strategi handal dalam mengalahkan lawan. Walau hanya memanah, tapi olah fisik agar tetap kekar dan kuat dalam memiliki tubuh yang sehat dapat dikatakan sebagai olah raga yang baik untuk kesehatan tubuh.

7.dan masih banyak lagi

Hal-hal yang bisa dipraktekan terkait hidup sehat dalam menjalani kebiasaan hidup yang sesuai dengan anjuran pola hidup normal, seperti berpuasa dapat menyehatkan anggota badan. memperbaiki gerakan shalat merupakan olah raga terbaik, memperbanyak berzikir untuk merefresh pikiran, hati dan jiwa manusia menjadi lebih rileks dan tentang. dll

Sekian dan terima kasih
Wassalam.

Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

Keistimewaan Bulan Ramadhan

ARTIKEL BERSPONSOR