Search This Blog

Saturday, May 2, 2020

UKHUWAH ISLAMIYAH MASA PANDEMI CORONA

UKHUWAH ISLAMIYAH MASA PANDEMI COVID 19
by : Zaharuddin


Assalamu Alaikum Wr. Wb

Virus Pandemi Corona Covid 19 sampai saat ini masih terus meningkat. Bahkan ada yang mampu memprediksi kalau virus ini akan mengakibatkan kelaparan di banyak territori di seluruh dunia, dan semoga saja itu tidak terjadi.

Penularan Virus ini bisa dikatakan memiliki kemampuan menular yang sangat cepat dan luar biasa. dan banyak orang yang tidak menyangka atas penularan ini. Maka tidak mengherankan bila kasus dalam tiap harinya bisa tembus ratusan kasus khusus di Indonesia bahkan ribuan kasus dalam skala internasonal.

Masa pandemi ini sangat mempengaruhi kondisi dalam dunia kesehatan dengan gangguan yang cukup signifikan, baik dari segi individu dan bahkan sampai ke tatanan kenegaraan. di mana anggaran banyak di pangkas dan di arahkan ke penanganan kasus kesehatan ini.

Bukan cuma kesehatan, dari sisi keagamaan sangat memberi pengaruh yang hebat. seperti halnya penutupan akan akses beribadah di dalam mesjid yang saat ini menjadi di batasi karena mengkhawatirkan proses berjamaah akan menimbulkan penularan.

BACA JUGA : Corona Covid 19 Sebagai Ajang Renungan Ibadah

Kesehatahan, Keagamaan, dan bahkan mampu menggoyahkan kondisi perekonomian. seperti dikatakan sebeumnya bahwa pemerintah Indonesia melakukan pemangkasan dana untuk kegiatan lain yang tidak terlalu penting dan di alihkan ke pendanaan dalam menangani kasus wabah kesehatan yang sudah mendunia ini. dengan tindakan itu, pastinya banyak hal yang tak terprediksi ikut menganggu dalam urusan ekonomi yang lain.

Tak cuma itu,  kondisi persaudaran dan persatuan mulai dispekulasikan karena banyaknya pendapat, kondisi dan kebutuhan yang berbeda di setiap territori. tampaknya, sedikit demi sedikit mulai saling memahami dan tindakan pemerintah juga merespon sangat cepat terkait penanganan kondisi ini. seperti halnya penutupan tempat keramaian, pasar, mesjid, sosial distance, bahkan lock down melarang untuk beraktifitas di luar. meski pada awalnya banyak yang belum ikut menerapkan tindakan ini sehingga masih banyak yang buka akses keramaian, dan bahkan masih banyak individu yang berani berkeliaran. akan tetapi, sedikit demi sedikit mulai teratasi dengan kebijakan tegas oleh pemerintah untuk menugaskan polisi untuk mengawasi kondisi lalu lintas. dan bahkan sampai saat ini, pelarangan mudik sudah diumumkan oleh presiden RI, ayahanda JOKOWI.

Pemerintah sangat menyayagi rakyatnya, tentunya berupaya untuk tidak membeda-bedakan satu sama lain. kondisi kesehatan, keagamaan, perekonomian bahkan persatuan dan persaudaraan harus tetap terjaga.

Ukhuwah sangat dikenal dengan arti persaudaraan dan kepedulian, bahkan di balik kata tersebut mengandung makna persatuan.

hal yang ingin di utarakan penulis dalam info kali ini adalah bahwa kita semua bersaudara dalam dasar sesama muslim bersaudara. rakyat biasa, pemerintah, pengusaha dan lainnya memiliki rantai persaudaraan se-islam. maka ada hak untuk saling menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan persatuaan. Yang pastinya adalah arahan ini untuk kebaikan bersama, dalam ayat QS. al-Maidah / 5 : 2 :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)


BACA JUGA : Cara Menyambung Silaturrahim

Keputusan pemerintah dalam menangani kasus ini, tentunya berdasarkan dari pendapat yang banyak, dan berasal dari orang terpelajar yang di akui. sepertinya menerapkan saran dari pemerintah adalah hal yang sepatutnya dilaksanakan.

dalam perspektif ayat tentang kepatuhan kepada pemerintah adalah sebuah kewajiban, selama pemerintah tidak mengarah dalam hal yang merusak. tindakan yang diambil pemerintah adalah wujud kasih sayang mereka kepada rakyatnya. olehnya itu, sebagai orang Islam, seyogyanya mendukung program pemerintah dalam mencegah dan menutuskan mata rantai penularan virus yang mematikan ini. semoga itu adalah bentuk kasih sayang kepada sesama saudara kita.

Menjaga persaudaraan akan sangat menguatkan persatuan kita sebagai orang muslim. walau dalam situasi ini terjadi dalam bulan ramadhan yang kita impikan beribadah full di dalamnya dengan rajin berjama'ah dan beribadah di mesjid. Untuk kesehatan, keselamatan, kesejahteraan dan untuk kemenangan orang musim dalam beribadah, marilah mempererat ukhuwah islamiyah dalam memutus mata rantai virus ini. jangan khawatir, bantuan Allah sudah dekat, bantuan Allah akan datang, mari menyambut kemenangan  bersama-sama.

Saya pribadi hanya menghimbau untuk terus mengisi kehidupan kita untuk terus beribadah, walau dengan hanya di rumah, kita masih bisa melaksanakan ibadah lain.

sekian info ini, agar senantiasa menjaga silaturrahim dan mempererat ukhuwah islamiyah kita. Jika ada manfaatnya maka anda boleh mengambilnya, tapi jika banyak juga salahnya maka biarlah untuk penulis sendiri.

Wassalam

No comments:

Post a Comment

ARTIKEL POPULER

ARTIKEL BERSPONSOR

FOLLOW SITE