Search This Blog

Tuesday, May 12, 2020

Kebaikan dan Keburukan Dalam Hadis

PERBEDAAN KEBAIKAN DAN KEBURUKAN
by : Zaharuddin

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

       Allah menciptakan manusia dan memberikannya kemampuan dalam melakukan dan memikirkan sesuatu, karena manusia memiliki perbedaan dengan makhluk lainnya. Hewan diciptakan hanya memiliki nafsu tapi tidak memilki pikiran, maka wajar bila mereka bertindak seadanya tanpa memikirkan baik atau buruknya. Malaikat diciptakan hanya memiliki pikiran tapi tidak memilki nafsu, maka wajar juga bagi mereka melakukan kebaikan terus menerus karena tidak memiliki nafsu keinginan dalam kejahatan. Akan tetapi, manusia memiliki keduanya, nafsu dan pikiran, sehingga mereka memiliki pilihan dalam menentukan apa yang akan dikerjakannya. Memiliki hasrat keinginan dalam melakukan sesuatu dan memikirkan sesuatu itu layak dikerjakan atau tidak.

       Karena manusia memilki kedua anugerah ini, manusia di gelar dalam al-Qur'an sebagai makhluk ciptaan Allah yang terbaik dan mulia. karena selain dari pada itu, manusia memilki bentuk anggota tubuh yang sangat ideal dan menawan. Sabagaimana dalam QS. al-Tin : 2 :

( Klik Gambar Untuk Teks Lebih Jelas )

Kementerian agama menafsirkan bila manusia diciptakan memilki fisik dan psikis yaitu pikiran dan perasaan, sehingga membuatnya menjadi makhluk yang sempurna.

        Hanya saja, bila manusia tidak memanfaatkan kelebihan itu dengan sebaik mungkin dan melanggar perintah dan tidak mengerjakan kewajiban, maka dia akan menjadi makhluk paling rendah, bahkan lebih rendah dan sesat daripada hewan. Sebagaimana dalam QS. al'A'raf/ 7 : 179 :

( Klik Gambar Untuk Teks Lebih Jelas )

       Olehnya itu, manfaatkanlah anugerah tuhan yang paling dahsyat ini dalam mengarungi kehidupan di dunia, sehingga tergolong ke dalam orang-orang yang beruntung. Mulailah berfikir untuk menentukan mana jalan yang baik dan benar begitupula mana jalan yang buruk dan salah. kerjakanlah hal kebaikan dan jauhi keburukan. Jika kebaikan maka dicatat sebagai pahala dan jika keburukan maka dicatatkan dosa.



BAGAIMANA MEMBEDAKAN KEBAIKAN DAN KEBURUKAN ?

Jika anda masih ragu dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, maka ada sebuah riwayat yang membahas tentang perbedaan keduanya, Sebagaimana riwayat dari Muslim berikut :


( Klik Gambar Untuk Teks Lebih Jelas )

      Nabi Saw menjelaskan kepada sahabatnya dan seluruh umat Islam bahwa kebaikan itu adalah akhlakul karimah, perbuatan yang baik, berbudi pekerti yang bagus. sementara Dosa atau keburukan itu adalah suatu kelakuan yang bila dikerjakan dapat menyesakkan dada, membuat hati terasa was-was, dan bahkan anda sendiri tidak suka bila ada orang lain mengetahui apa yang anda kerjakan.

Jika anda ragu mengenai suatu tindakan maka tinggalkan saja bahwasannya Nabi menyuruh untuk meninggalkan yang diragukan dan menggantinya dengan yang tidak diragukan, Dha' maa yariibuka ila maa laa yaribuka".

     Kita akan memebuka sebuah kitab syarah penjelasan hadis di atas dalam kitab syarh al-Nawawiy ala Muslim. Sebagaimana berikut :

( Klik Gambar Untuk Teks Lebih Jelas )

      Penjelasan imam Nawawiy bahwa ulama memahami kebaikan itu adalah suatu hubungan, dan juga perbuatan lemah lembut, serta kebaikan dalam persahabatan. Sementara kata haka fis shadr adalah bergerak-gerak, berderbar-debar, ragu dan bimbang, dan dada tidak lapang terhadapnya (sesat) sehigga menimbulkan keraguan dan ketakutan dalam hati manusia.

PERBANDINGAN HADIS

      Selain hadis riwayat dari imam Muslim, saya juga mengutip sebagai pembanding redaksi dalam hadis riwayat dari Ahmad ibn Hanbal, sebagaimana berikut :

( Klik Gambar Untuk Teks Lebih Jelas )

      Walaupun redaksi hadis ini lebih panjang dan sedikit berbeda dengan riwayat dari Muslim, Namun makna hadis masih memilki kesamaan tentang perbedaan kebaikan dan keburukan, dosa atau bukan dosa. Mengenai hal ini, terdapat banyak hadis yang berkaitan dengannya.

      Jika, kita sudah mengetahui ciri perbedaan kebaikan dan keburukan, maka sebaiknya di praktekkan demi meminimalisir kesalahan kita yang bisa mengakibatkan kita berdosa dan berbuah kehancuran di dunia.
        
TEORI TIDAK SELALU SAMA DENGAN FAKTA, Beragam Tindakan Manusia

Setelah mengetahui berbagai macam ajaran-ajarana agama, mayoritas manusia sudah tahu dan mengerti akan makna dan perbedaan kebaikan dan keburukan. Akan tetapi, teori tidak selalu sama dengan fakta. Yang pada akhirnya, sangat memungkinkan bila mana mereka mengetahui teori tapi tidak melaksanakan dan melanggar isi dari teori tersebut.

Jika dikatakan terlarang, tapi masih banyak kriminal dari orang terpelajar. Jika dikatakan wajib melaksanakannya, tapi masih banyak yang tinggal diam tanpa melakukan apa-apa.

Inilah salah satu sebab diterbitkannya motivasiibadah.com, karena bentuk kasih sayang kami kepada orang yang masih butuh peningkatan dalam beribadah. Bukan berati kami ahli ibadah, tapi saling mengingatkan kepada kebaikan itu juga akan lebih baik untuk kita semua.

Saya kira cukup cukup sekian dulu perjumpaan kita di waktu yang penuh rahmat dan mubarakah, karena barang siapa yang merintis dan menempuh sebuah jalan dalam belajar, menuntut ilmu, ikut kajian dan lain sebagainya, maka Allah akan memudahkan jalan baginya menuju pintu gerbang syurga dan di masukkan di dalamnya. Amin ya Rabbal alamin.

Sekian
Wassalam

No comments:

Post a Comment

ARTIKEL POPULER

ARTIKEL BERSPONSOR

FOLLOW SITE