ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

Pembatasan Sosial Bernilai ibadah

Info Terkini bisa menjadi motivasi Ibadah.

Pihak Motivasiibadah.com memberi Tips dan dan saran dalam menanggapi info info terkini agar info yang kita terima bisa di arahkan ke perihal yang bersifat positif. seperti halnya yang terjadi pada saat ini dengan mewabahnya virus korona covid 19 tentunya banyak pihak, banyak individu yang ikut diresahkan akibat dari wabah tersebut.

          Sebagaimana berita dunia sudah lebih dari 2 juta jiwa yang positif terjangkit virus tersebut dalam kurung waktu yang singkat. Berdasarkan kasus ini, tentunya seluruh negara yang terkait dengan virus ini memiliki perhatian besar dalam melindungi warga negaranya.

       Termasuk Indonesia, di mana instansi dan pejabat tinggi negara sudah sangat antusias dalam melawan penyebaran korona covid 19 yang bisa menular dari anggota badan manusia ke anggota badan manusia dengan beinteraksi langsung. bahkan ada ada yang mengatakan bisa menular tanpa bersentuhan tapi melayang di udara seperti bersin dri orang yang terjangkit virus tersebut dan bahkan asap rokoknya bisa jadi tempat penularan virus mematikan ini.

Baca Juga : Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

          Ada banyak tindakan yang dilakukan pemerintah seperti himbauan untuk menjaga jarak dalam bahasa umumnya sosial distance dan akhirnya merambak ke fisikal distance yang menyarankan kepada warga untuk tidak berinteraksi langsung, menjaga jarak jika ingin berinteraksi, dan bahkan lock down dilarang berkeliaran, masuk dan pindah daerah demi memutus mata rantai virus ini. sudah terjadi di beberapa daerah yang mencapai status garis merah dari banyaknya kasus di daerah itu. dengan banyaknya kasus, pemerintah memutuskan bahwa ini adalah kasus besar dan darurat nasional. Bahkan dalam waktu dekat, sejak dari tanggal 16 April sudah beredar info tentang akan diterapkan nya PSBB yaitu pembatasan sosisal yang berskala besar. Mungkin bukan cuma daerah tertentu akan tetapi mayorias daerah dalam indonesia akan menerapkan PSBB.



       Melihat info kasus di atas, pihak dari motivasi ibadah memandang bahwa itu adalah tindakan yang sangat luar biasa. menyarankan agar ikut mendukung tindakan positif apa yang telah di di perintahkan dari orang yang lebih ahli dalam kasus ini, termasuk di dalamnya pemerintah pusat ataupun daerah, mejelis dan instansi keagamaan, dan yang lebih khusus lagi kepada bagian Instansi kesehatan, komunitas kesehatan dan para anggota medis yang berjuang keras dalam menangani kesehatan nasional.

        ada tips dari keluarga mandiri selaku author dari website motivasiibadah.com agar arahan dari atas dijadikan hal positif seperti ;
  • Jaga jarak maka kita harus menjaga wudhu kita dan tidak terlalu bersentuhan dengan orang lain supaya senantiasa bernilai ibadah plus.
  • tidak berkeliaran di luar kecuali ada hal penting seperti kelengkapan dapur dan sebagainya, dapat di alihkan untuk tetap bezikir, mengaji dan shalat sunnat di rumah.
  • Menjauhi keramaian, dalam hal ini termasuk di antaranya shalat jama'ah di mesjid jika tidak dilakukakan antisipasi ketat seperti shaf yang berjauhan jarak, full antiseptik. tapi kelompok persatuan mesjid lebih banyak yang tidak melakukan hal tersebut dan menggantinya shalat di rumah saja. sebagai motivasi ibadah bahwa ini adalah kesempatan besar dalam tiap keluarga untuk mengomandangkan adzan di tiap maisng masing rumah keluarga dan menjadi imam kepada keluarga senidiri, di sisi lain semua anak akan ikut rajin berjamaah dalam pantauan keluarga.
  • Anjuran untuk selalu menjaga kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman seperti saat pulang dari belanja keperluan, maka usahakan mencuci tangan, bahkwan mandi jika perlu, baju yang di pakai keluar sebaiknya tidak di pakai lagi. maka ini bisa terhindar dari najis saat hendak beribadah.
  • Berbaurlah kepada keluarga di rumah, jangan biarkan kesempatan ini juga untuk membuat anggota keluarga hanya terdiam dalam rumah. Buatlah mereka bahagia, senang, dan terikat batin untuk saling kasih mengsihi, sayang menyayangi. dengan pertimbangan, mungkin banyak yang disibukkan dengan pekerjaan sehingga jarang bersama keluarganya.


  • Jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bervitamin untuk menambah kekebalan tubuh kita agar bisa tetap bugar dan sehat. tentunya makanan yang halalan tayyiban.
  • arahkan pemikiran kita ke hal yang positif . jangan berlama lama berfikir negatif nanti pikiran itu sendiri yang bisa membuat kita jadi tidak sehat, pusing, stres, dll.
  • perbanyaklah berdoa, ikhtiar, meminta ampunan dan pertolongan dari Allah Swt.
  • Mungkin masih banyak lagi hal yang bisa kita lakukan mengenai virus korona ini sehingga bisa bernilai ibadah di sisi Allah seperti sami'na wa ata'na kepada orang yang lebih ahli bisa bernilai pahala kepada kita.
  • semoga kita semua dalam lindungan Allah, mendapatkan ridha dan rahmat Allah. Amin
Dalam ayat seperti di akhir surat al-Baqarah yang memberitahukan bahwa Rasul dan orang yang beriman terhadap apa  yang telah diturunkan kepada rasul-Nya, dan semuanya beriman tanpa terkecuali dan mengaktakan sami'na wa ata'na. begtupula dalam ayat lain bahwasannya ada perintah dalam mentaati Allah dan rasulnya dan ulil amri (pemerintah) di antara kita.


Mungkin ini dulu dari pihak kami sebagai motivasi harian dalam beribadah, khususnya tanggapan kepada info info terupdate, terbaru dan tentunya di dalam halaman INFO TERKINI.

Wassalam
   

Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

Keistimewaan Bulan Ramadhan

ARTIKEL BERSPONSOR