Search This Blog

Sunday, June 7, 2020

SEGI KEMUKJIZATAN AL-QUR'AN

SEGI KEMUKJIZATAN AL-QUR'AN
by : Zaharuddin



Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sahabat Motivasiibadah.com yang kami banggakan, suatu kesyukuran masih bisa berkomunikasi dalam pertemuan kali ini untuk memberikan informasi mengenai segi-segi kemukjizatan al-Qur'an. tak lupa juga mengirimkan salawat dan taslim kepada Nabi besar Muhammad Saw yang telah menyampakan dan menjelaskan isi al-Qur'an kepada umat manusia.


Segi Kemukjizatan al-Qur'an dapat dilihat dari beberapa aspek, di antaranya seperti :

MUKJIZAT SEGI KEBAHASAAN

1. Gaya Bahasa

          Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab. Walau orang Arab itu sendiri memiliki bahasa yang sama dengan al-Qur'an namun mereka tidak serta merta mampu menyaingi gaya bahasa yang ada dalam al-Qur'an. Sehingga inilah yang membuat mereka sangat kagum dengan kemukjizatan al-Qur'an. Bahkan Umar ibn khattan pun yang dikenal sangat menolak ajaran islam pada mulanya, namun setelah mendengar lantunan ayat suci al-Qur'an maka hatinya luluh untuk membela ajaran al-Qr'an ini.


Setiap kalimat mengandung bahasa yang menakjubkan, bahkan ahli syair dan prosa pun tidak dapan menandinginya. Susunan bahasanya yang sangat dikagumi oleh ahli pidato pada saat itu seperti walid ibn Mughirah. Oleh karena bangsa Arab sudah hebat dalam perihal seni dan syair, sehingga kedatangan al-Qur'an mampu menantang dan mengalahkan mereka, dan bahkan membuat mereka para penyair sangat terkagum-kagum dengan bahasa yang dimiliki al-Qur'an. Seperti halnya, mereka terpukau dari sisi :
  • Kepadatan bahasanya, 
  • memuaskan hati para cendekiawan, 
  • nadanya, 
  • memuaskan akal dan jiwa, 
  • keindahan dan ketetapan maknanya, 
  • keseimbagan redakasi
  • dll

2. Susunan Kalimat
         Kedatangan al-Quran membuat para penyair sangat terpesona karena susunan kalimat yang tidak biasanya di ungkapkan oleh orang penyair yang pernah ada. Susnan kalimat dalam al-Qur'an lain daripada yang lain.

        Dalam buku stilistika al-Qur'a oleh sihabuddin, dia mengatakan bahwa pemilihan kata, huruf dan penggabungannya antara konsona atau vokal sangat seimbang dan serasi yang membuat pengucapan kalimatnya sangat mudah.Seperti harakah, sukun, mad serta dengung gunnahnya yang jika dibaca dapat menghasilkan dan menyerupai alunan musik yang indah.

MUKJIZAT SEGI KANDUNGAN BERITA

1. Berita Masa Lalu

         Ahli sejarah dan antropologi, artepak dan sebagainya belum mampu menark sejarah sampai kepadah Nabi Adam a.s karena tak disertai bukti-bukti sejarah yang mereka temukan. Semua informasi hanya dapat ditarik dari apa yang disampaikan al-Qur'an tentang sejarah Nabi Adam. Meski bukit Arafah adalah tempat mereka bertemu Namun belum ada yang menemukan informasi jejak Nabi Adam.

2. Berita Akan Datang

          Para normal sering salah terkait dengan masa yang akan datang, tapi al-Qur'an selalu benar di segala waktu " Shalih li kulli zaman wa Makan". Seperti halnya peberitaan tentang akan datangnya dajal, turunya Nabi Isa, Imam Mahdi, bahkan akan terjadinya kehancuran seluruh alam semesta yang dikenal dengan nama hari kiamat.

3.Isyarat Ilmiyah

Ada banyak isyarat ilmiyah dalam al-Qur'an seperti kejadian siang dan malam, proses hujan, suhu udara dan sebagainnya.

4. Berita Hal Gaib.
5. Hukum ilahi yang sempurna

MUKJIZAT SEGI KESEMPURNAAN TASYRI'

Rasyid ridha sendiri mengungkapkan bahwa al-qur'an mengandung ajaran pooko syari'ah dan akidah, ibadah, metafisika, sosial dan politik merupakan pengetahuan pengetahuan yang memilki kandungan yang sangat tinggi.

MUKJIZAT SEGI ISYARAT KEILMUAN

Dan lain-lain.


Mungkin cukup sekian informasi dari kami, terkait dengan materi lengkap segi kemukjizatan al-Qur'an, anda dapat mendownloadnya lewat tombol download di atas. Akhir kalam, wallahu muwafiq ila sabilirrasyad.

Wassalam

No comments:

Post a Comment

ARTIKEL POPULER

ARTIKEL BERSPONSOR

FOLLOW SITE