Sudah Bertaqwakah Anda ? Cek disini

CIRI ORANG BERTAQWA - UKURAN STANDAR TAQWA
by : Zaharuddin

Barang Siapa Yang Bertaqwa, maka Allah akan memberikan jalan keluar, dan memberikannya rezki yang tak disangka-sangkanya.

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Salah satu waktu paling terbaik dalam melatih jiwa dan raga menjadi pribadi yang bertaqwa yakni di dalam bulan ramadhan karena dialah bulan yang penuh berkah dan janji Allah akan pahala yang berlipat ganda. Jika masih ada yang belum tertarik mengembangkan kualitas iman dan taqwanya maka apakah perlu dipertanyakan ulang keseriusannya dalam menjalankan ajaran agama islam ?

        Pertanyaan di atas sepertinya tidak perlu dijawab dan cukup dikembalikan kepada masing-masing individu terkait kesadaran dalam beragama. Dalam bulan ramadhan, pusa wajib bagi seluruh individu sebagaimana puasa ini juga terjadi pada banyak golongan di masa lampau, dengan satu maksud dan tujuan agar menjadi orang yang bertaqwa.


Selepas melaksanakan puasa dan ibadah lainnya dalam bulan ramadhan, maka apakah sudah mencapai tujuan yang diinginkan ? apakah berkah dan hikmah ramadhan sudah kita rangkul dengan baik,  atau mungkin hanya setengahnya, dan bahkan tidak ada sama sekali ? maka itu perlu melakukan cek dan ricek, muhasabah, introspesksi diri bagi masing-masing individu.

STANDARISASI TAQWA BERDASARKAN AYAT

Terkait kriteria standar orang yang bertaqwa, dapat di jumpai di beberapa ayat dalam awal al-Qur'an sebagaimana berikut :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

Taqwa itu sendiri di artikan bahwa melaksanakan segala apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi segala apa yang dilarangnya, kapanpun dan di manapun berada. Jika seseorang sudah mengamalkan devenisi ini, apakah sudah bisa dikatakan orang bertaqwa ? silahkan ceka ayat di atas.

Dalam ayat di atas, sepertinya tidak cukup hanya sebatas melepas kewajiban melaksanakan perintah da menjauhi larangan Allah, tapi memandang juga akan adanya hasil yang diperoleh. seperti; Orang yang bertaqwa sebagaimana di atas bahwa 1) orang itu akan percaya kepada yang gaib. bercerita tentang gaib maka akan memiliki pembahasan yang sangat panjang, sederhananya bahwa gaib adalah sesuatu yang tidak tampak, bukan di waktu sekarang (bukan lampau dan akan datang), tidak terjangkau di dunia nyata, anggaplah keberadaan malaikat, iblis dan jin, Serta Nabi sebelum Nabi Muhammad. semua itu adalah ungkapan sederhana mengenai hal yang gaib dan orang yang bertaqwa meyakini keberadaan hal yang gaib tersebut, terutama kekuasaan Allah. maka apakah anda sudah yakin akan datangnya hari kiamat dan hancurnya alam semesta ? 2 ) Jika anda orang yang bertaqwa maka anda akan menegakkan atas perintah shalat, dalam hal ini kewajiban shalat 5 waktu. Sangat sederhana bahwa cukup memperhatikan keseharian apakah sudah rajin shalat atau belum. 3) Salah satu kebesaran Allah terhadap hamba-Nya karena menganugerahinya fasilitas nikmat yang tak terhitung, salah satunya adalah nikmat harta, maka jika anda bertaqwa maka anda akan menafkahkan sebagian harta yang diberikan Allah semenjak di dunia kepada jalan yang diridhai-Nya. Hal ini dapat berupa sedekah, zakat, infaq, wakaf, hibah serta pemberian lain dengan ikhlas ke arah yang seseuai ajaran islam

Baca Juga : Menafkahi Orang Tua.

4) Informasi dari al-Qur'an merupakan hal yang wajib di yakini bagi orang yang bertaqwa. Bukan cuma al-Qur'an, tetapi kitab atau mushaf yang telah diturunkan Allah kepada kaum-kaum sebelum umat islam adalah bagian dari Maha Kuasa Allah. Sehingga dari sinilah kita meyakini adanya kenabian dan kerasulan selain daripada Nabi Muhammad Saw seperti diangkatnya Nabi Isa, bencana Nabi Nuh, dan diturunkannya Nabi Adam A.s dari Syurga ke Bumi. 5) Setelah melakukan aktifitas selama hidup, maka sebagai orang yang bertaqwa akan paham akan konsequensi atas segala pelanggaran dan balasan kebahagiaan bagi orang yang taat. Semua itu akan di balas di hari akhirat, maka apakah anda sudah yakin akan datangnya hari pembalasan atas segala perbuatan ? semoga Allah terus memberikan petunjuk untuk menjadi orang yang bertaqwa.

         Selain daripada Ayat di atas, masih banyak ayat lain yang menggambarkan tentang ciri dan kriteria orang yang sudah mencapai status bertaqwa. Seperti, QS. al-Baqarah/2 : 177 :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

Mulai dari 6) penerapan rukun iman dan rukun islam, 7 ) menafkahkan harta, 8 ) menunaikan janji, dan 9) senantiasa bersabar adalah bagian dari ciri orang yang bertaqwa. Apakah anda sudah yakin mengenai diri anda, karena telah melaksanakan kriteria ini ? maka pertahankanlah kebaikan dan berusahalah menjadi lebih baik.

Artikel Terkait : Saat Jibril Berwujud Manusia Jelaskan Rukun Iman, Rukun Islam, Ihsan

          Tentunya masih ada ayat lain lagi dapat dibaca pada QS. Ali Imran/3 : 15-17, juga 133 dan 134, dalam urutan gambar berikut :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

10) Orang yang senantiasa berdoa memohon ampunan atas segala kesalahan 11) Orang yang berbuat benar. (hanya disebutkan yang bukan merupakan bagian dari kriteria dalam ayat sebelumnya).

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

12) orang bertaqwa itu manahan amarah dan, 13) memaafkan kesalahan orang lain. dan selanjutnya dalam QS. al-Zariyat : 15-19.

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

terkait ayat tetang 14) mengambil apa yang telah di anugerahkan Allah dapat dilihat pada tafsir kemenag berikut :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

bahwasannya ia telah menerima dan mensyukuri apa yang di anugerahkan oleh Allah serta 15) jika pada malam hari, orang yang bertaqwa itu mengurangi tidurnya dan bangun di 1/3 malam untuk beribadah. Dalam hal ini, shalat tahajjud yang disebutkan dalam tafsir kemenag. dapat dilihat pada gambar berikut :

(Klik Gambar - Teks Lebih Jelas)

Demikian ciri orang bertaqwa, sebagaimana kriterianya telah dijelaskan dalam al-Qur'an. Dengan penjelasaan yang sangat sederhana, cukuplah sebagai penambah informasi, dan mari bersama-sama berjuang, berlomba dalam kebaikan, minimal dari 15 kriteria yang telah di sebutkan di atas.

Mungkin masih ada ayat-ayat lain lagi yang belum sempat di temukan. Cukup sekian dulu dan akhir kalam.

Wassalam

Comments

Popular posts from this blog

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Keistimewaan Bulan Ramadhan

Power of Word - RAHASIA DIBALIK UCAPAN

HADIS TENTANG KESEHATAN DAN WAKTU LUANG

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan