Search This Blog

Saturday, March 28, 2020

MOTIVASI IBADAH - Pembukaan


MASALAH MALAS DAN PENGARUHNYA
By. Zaharudin, M.Th.I



Pembukaan

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

       Berawal dari kehidupan keseharian manusia, ada beberapa tingkah dan sifat yang bermacam-macam yang dilaksanakan oleh manusia. Di mana tingkah itu akan menjadi sebuah kebiasaan sehingga mencerminkan karakter individu. Selain individu, bahkan ke zona kelompok masyarakat sehingga sangat potensial membentuk sebuah adat istiadat. Namun, ulasan kali ini lebih cenderung ke pembahasan individual.

         Aktivitas individu atau cenderung ke perorangan sangat variatif juga. Adakalanya berhubungan dengan pendidikan, hobbi, olahraga, kegiatan religi, hiburan, pekerjaan, dan berbagai macam lagi kegiatan aktivitas lainnya, apakah itu merupakan rutinitas ataupun hanya sebagai pengisi waktu luang.
         Di dalam kesibukan melaksankan aktivitas di atas, akankah sebagai seorang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt tetap penuh perhatian dalam menjalankan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Allah. Dengan penuh keyakinan, seharusnya kewajiban itu tak terabaikan walau hanya sekecil Dzarrah pun maka akan tetap terlaksanakan.

Demi menjadikan aktivitas religius ini adalah suatu kewajiban yang menjadi rutinintas harian yang tak terabaikan oleh seseorang maka pemerintah, ulama dan para guru telah melaksanakan perintah dalam menyampaikan pesan pesan agama kepada seluruh masyarakat, apakah itu dalam bentuk formal atau pun non formal, seperti; ceramah ceramah agama oleh para ustads dan ustadsah, khatib jum'at, majelis taklim, pengajian sekolah agama, pesantren dan sebagainya.

Memandang ulasan ini, timbul pertanyaan kepada yang bias kita tafakkurkan, renungkan ke dalam lubuk hati yang paling dalam yakni; apakah pesan-pesan agama yang telah disampaikan kepada kita sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ?, atau mungkin hanya sebagian, atau bahkan kita hanya mendengarkan atau pura pura mendengarkan selepas daripada itu justru mengerjakan hal yang bertentangan dengan nasehat nasehat itu.

        Sebagai contoh kecil adalah Shalat 5 waktu, pertanyaannya adalah apakah anda tahu kalau itu adalah sebuah kewajiban individu seorang yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya ?, lantas hanya berapa kali anda shalat dalam sehari semalam ?  dan yang paling parahnya adalah kenapa anda tidak pernah shalat sama sekali.?

       Ini adalah pembahasan yang sangat urgen dan paling urgen khusus kepada kita sebagai umat Islam yang mestinya menjaga dan mempertahankan agama Allah ini karena kitalah sebagai khalifah-Nya di muka bumi ini yang menjadi penggantinya dalam memakmurkan dunia dan agama-Nya.

Terlebih lagi di era 20an ini, di zaman millennial yang penuh dengan cobaan seiring dengan perkembangan zaman yang makin modern pula. Sebagai contoh kecil, kehadiran alat elektronik memiliki pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Laptop, Notebook, Hp, android dan aple, ipod dan sebagainya. Kecanggihannya mampu mengkases internet kapanpun dan di manapun selama jaringan mendukung. Akses dalam dan luar negeri, informasi individu dan kelompok, semuanya dapat diakses dengan cepat dalam waktu yang cepat juga. Sehigga Pengaruhnya dapat berdampak ke hal positif begitupula ke perihal negatif. Potensi cobaan dan tantangan dalam menggunakan ke akses yang negatif sangat besar pula, bila tidak di barengi dengan iman yang kuat, maka akses ke jaringan yang berbau terlarang akan mudah terakses dan terdownload. Bangun tidur, buka internet. belum mandi, masih internet. Olahraga pagi, tetap internet, bahkan dalam tempat kerja masih internetan. Olehnya itu, kebutuhan akan nasehat religi sangat diperlukan demi menjadi insan yang bisa terjaga dari hal-hal yang negatif dan menjadi insan yang mulia, beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt.

Lantas, metode apakah yang sangat di butuhkan saat ini untuk hamba Allah yang beriman, bertaqwa, tidak melanggar perintah dan larangan-Nya, menjalankan pesan-pesan agama oleh para Ulama, pemerintah, guru, orang tua atau orang lain yang memberi nasehati agama kepada kita  sehingga kita bisa konsisten beribadah kepada-Nya ?

         Para pembaca yang budiman, semoga Allah meridhai dan merahmati kita semua disetiap langkah kita. Ulasan dalam blog ini, halaman online ini, mencoba menganalisa mengenai kendala kita dalam menjalankan ibadah kita kepada Allah sehingga terbitlah sebuah tema MOTIVASI IBADAH untuk membantu memberikan semangat dalam beribadah.

      Penulis berfikir bahwa kondisi millennial saat ini sudah sampai dakwah dan memiliki paham agama namun kurang bersemangat konsisten dalam menjalankan dan menerapkan nasehat nasehat dalam agama khusunya agama islam.

         Akhir kalam, semoga tulisan ini dan tulisan-tulisan dan video video yang akan terbit selanjutnya dapat menjadi berkah kepada pembaca, pendengar sehingga semangat dan  konsisten dalam  beribadah. 

Wassalam

No comments:

Post a Comment

ARTIKEL POPULER

ARTIKEL BERSPONSOR

FOLLOW SITE