ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

Keistimewaan Bulan Ramadhan

KEISTIMEWAAN BULAN RAMADHAN
by : Zaharuddin

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

         Sebagaimana yang telah diketahui bersama bahwa hidup ini hanya sementara. Bertolak daripada itu, dapat dikatakan bahwa hidup di dunia ini hanya menunggu kapan hidup ini berakhir. Akan tetapi, seberapa mampu kita memanfaatkan hidup ini dalam memperoleh bekal dalam mempersiapkan diri pada kehidupan setelah di dunia.

         Pengumpulan bekal dalam hal ini hanya membawa amal perbuatan selama kita hidup di dunia sampai batas akhir hayat. Sebagaiman dalam riwayat hadis Bukhari bahwasanya ada 3 hal yang mengiringi mayat dari rumahnya ke tempat pemakaman yakni keluarga, harta, dan amal perbuatan selama hidup. Namun yang tinggal menemani hanyalah amal perbuatan. Maka perbayaklah amal shaleh agar bisa membantu kita kelak. Sementara kehidupan ini, kita hanya memiliki waktu 24 jam dalam sehari, 30 hari dalam sebulan (kadang lebih/kadang kurang) serta 12 bulan dalam setahun dan hanya itu yang terus berputar sampai kita menemui ajal kita.

BACA JUGA : Maksimalkan Diri Beramal di Bulan Ramadhan-Berlomba dalam Kebaikan

         Dalam setahun terdapat 12 bulan, jika dalam bulan Hijriyah ada bulan Ramadhan yang merupakan penghulu, raja dari semua bulan, karena ada banyak hal di dalamnya yang tidak terdapat di bulan lain selain Ramadhan. Sebutlah di antaranya:

     1. Tempat Diturunkannya Al-Qur'an

     Dalam ayat dikatakan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an sebagaimana dapat dilihat dalam Qs. al-Baqarah : 185.
   
     2. Ada Malam Lailatul Qadar, Malam 1000 Bulan

         Ada banyak hadis tentang Lailatul Qadar ada pada bulan Ramadhan seperti hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah menyarankan beribadah 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

         Sudah banyak orang yang menghapalkan Surat al-Qadar yang bermakna suatu malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Sehingga dari ayat ini, Al-Syaukani dalam kitab Fathul Qadir mengenai tafsir ayat ini menyebutkan bahwa 'kebanyakan mufassir mengatakan bahwa beramal dalam malam lailatul qadar lebih baik dari beramal selama 1000 bulan di luar malam lailatuil qadar.' dalam pendapat lain bahwa Ada yang mengatakan kurang lebih 83/84 tahun.

        Dalam riwayat Tirmidzi bahwa di bulan Ramadhan itu, ketika kita bertasbih 1x di dalam bulan Ramadhan maka lebih baik dari 1000 tasbih di waktu lainnya.

ARTIKEL TERKAIT : Penyebab Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan

    3. Bulan Penuh Berkah

        Ada banyak hadis mengenai hal ini, seperti dalam riwayat al-Nasa'i dan Ahmad bahwasanya bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Yang paling populer adalah bahwasannya Allah menurunkan al-Qur'an pada malam yang diberkahi, sementara al-Qur'an itu sendiri turun pada bulan ramadhan. Ini adalah salah satu alasan bahwasannya ramadhan itu adalah bulan penuh berkah.

     4. Doa Maqbul

        Doa maqbul dalam Ramadhan bisa dikaitkan dalam hadis Tirmidzi dan Ahmad bahwa ada 3 orang yang doanya tidak tertolak yakni: 1) orang yang berpuasa sampai ia berbuka, 2) pemimpin yang adil, 3) orang yang dizhalimi.

     5. Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup
 
         Bukhari dan Muslim sepertinya sepakat dalam hadis Nabi mengenai terbukanya pintu surga dan pintu neraka ditutup selama Ramadhan.

     6. Bulan Penuh Ampunan

          Sangat familiar dalam telinga orang muslim bahwa orang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keyakinan dan kesungguhan maka ia berhak mendapatkan ampunan Allah dari dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Sebagaimana dasar pendapat ini  berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari dan Muslim.

    7. Bulan Pelatihan Jiwa dan Raga

         Konsep ayat agar kita bertakwa saat melaksanakan puasa mengandung banyak nasihat seperti: latihan mengendalikan hawa nafsu dalam diri seseorang dan belajar memperbaiki interaksi luar kepada sesama manusia. Tentunya latihan ini agar iman dan takwa kepada Allah SWT akan tetap terjaga.

         Demikianlah hal penting mengenai bulan Ramadhan yang perlu diketahui, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dikutip dari Al-Qur'an dan hadis serta pendapat-pendapat ulama lainnya yang bisa dijadikan acuan dan wawasan dalam hidup kita.


(Tonton Juga Materi Dalam Video Disertai Dalil)

         Semoga informasi ini bermanfaat kepada kita semua. Jika ada benarnya maka datangnya dari Allah. Namun, jika ada salahnya maka dari itu kami memohon maaf dan akan diperbaiki.

   Wassalam
   

Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

ARTIKEL BERSPONSOR