ARTIKEL UNGGULAN

SEMANGAT BERQURBAN - Cicilan Lunas, Qurban Idul Adha Tuntas

 


Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Semua karunia dari Allah Swt, Semua Rezeki datangnya dari Allah, Harta benda segalanya milik Allah. Limpahan rahmat dan kasih sayang Allah sehingga di pinjamkan kepada Hamba-Nya, sehingga harta benda menjadi ujian dan cobaan kepada hamba yang di titipkan padanya.

Sudah patut dikatakan bahwa mayoritas umat manusia sudah paham bahwa harta adalah nikmat Allah yang di berikan kepada manusia. Hanya saja, tidak banyak yang mampu menyadari bahwa harta tersebut hanya ujian kepada manusia agar dapat dimanfaatkan kepada hal yang di ridhai oleh Allah.

Secara tidak sengaja, kita tidak sadar bahwa Allah sudah memuliakan kita agar bisa bertahan hidup dari harta benda yang kita peroleh dari aktifitas keseharian kita.

Seberapa kecil pun harta itu, sebesar apa pun harta itu, sebanyak apa pun harta itu, maka wajib bagi seorang hamba untuk mensyukuri nikma harta benda dari Allah swt.

Allah pasti memberikan apa yang kita butuhkan, dan giliran kita adalah mensyukuri dengan memanfaatkannya ke jalan yang benar.

Contoh : anda punya cicilan Rumah 1,500,000 tiap bulan, hanya saja, sebagian tidak melihat bahwa dia telah menggunakannya uangnya untuk hal hal yang tidak penting. Berpoya poya, minum kopi berlebihan, merokok berlebihan, membeli sesuatu yang tidak terlalu berguna untuk kehidupan keluarga. Sehingga uang yang semestinya untuk bayar cicilan rumah tidak termanage dengan baik. Akhirnya cicilan rumah mogok.

Di sisi lain, memiliki cicilan kendaraan. Tarulah 2,500,000 tiap bulan. Dan kasusnya pun sama dengan di atas. Yakni sebenarnya Allah memberikan uang yang cukup untuk bayar kendaraan, akan tetapi tidak di managehe dengan baik dan berperilaku berlebihan maka cicilan kemdaraan terbengkalai.

Nah, itu untuk contoh kasus yang mogok cicilannya. Berbeda lagi contoh bagi orang yang memiliki kemampuan dalam manage uang sehingga semua cicilan mampu dibayar lunas.

Perbedaannya adalah kesalahan kita dalam memanfaat uang yang secara berlebihan. Padahal sebenarnya, Allah sudah menyiapkan penghasilan uang untuk bayar semua cicilan. Reseki untuk kebutuhan hidup seperti makan dan minum, begitupula kebutuhan lainnya.

Jadi, jangan berlebihan dalam memanfaatkan uang anda. Nafkahkanlah ia kejalann yang benar. Karena "Allah tidak menyukai orang yang berlebihan.

Allah telah mengajarkan kita untuk bertransaksi dengan baik, yakni  "mencatat" sesuai takaran semestinya.

...Faktubuh,.. maka catatlah. Sepertinya ini tidak hanya berlaku untuk utang piutan, perdagangan. Tapi sangat cocok di terapkan di kehidupan keluarga.

Nah, sekarang, bila kita berniat, berdoa agar di mampukan juga untuk berqurban ?? Apa mungkin Allah juga akan mencukupkannya ??

Jawabannya Ya, tiada doa yang diabaikan Allah, apalagi bila berniat baik. Yakinlah pasti tuntas terlaksana.

Anggaplah seperti catatan berikut :

- cicilan Rumah : 1,500,000 / bulan

- cicilan kendaraan : 2,500,000 / bulan

- Biaya hidup : 1,500,000 / bulan

- BIAYA QURBAN : 1,900,000 / tahun (7org)

Hanya 1 x ber QURBAN dalam setahun, namun terasa susah dibandingkan dengan cicilan bulanan yang lainnya, sementara Allah telah memberikan rezeki penghasilan yang cukup untuk membayar semuanya.

Maka, apakah anda tidak Malu kepada Allah, bila mampu bayar semua cicilan bulanan, sementara Qurban 1x setahun tidak anda tunaikan.

Catatlah, mintalah kepada Allah agar di cukupkan, manfaatkan sesuai takaran yang anda anggarkan dalam catatan anda, sisipakan tabungan QURBAN, dan jangan berlebihan menggunakan uang kepada Hal yang tidak penting.

Insya Allah, Kita semua berqurban.

Makna qurban tidak diragukan lagi hakikatnya, manfaatnya, itu adalah ibadah yang dianjurkan.

Hanya tAkwa yang mampu memahami, hitungan akal kadang tidak cocok untuk menilai takaran TAQWA.

Karean Allah hanya melihat TAQWA ANDA.

Allah tidak mengambil dagingnya, dannjuga tidak pada darahnya, akan tetapi Allah melihat status KETAQWAAN ANDA.

Tag :

GALERI BUNGA

FORTUNE FAMILY TV

Galeri Bunga Rukmanasari



Comments

Popular posts from this blog

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

CONTOH MUKJIZAT AL-QUR'AN

Bunga Imitasi, Cara Percantik Rumah

Aneka Twibbon Cantik Hari Sumpah Pemuda 2021

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

HADIS TENTANG KESEHATAN DAN WAKTU LUANG

Sedekah yang Dilarang ? Memberi uang Pengemis di Tempat Umum

Kado Trending Untuk Hari Guru PGRI