ARTIKEL UNGGULAN

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Image
RENUNGAN IBADAH ATAS KORONA COVID 19
by ; Zaharuddin

Ya Allah, Hamba-Mu sudah bertanya-tanya " Kapan virus corona Berakhir ? " 'ketahuilah : Pertolongan Allah sudah dekat dan akan segera tiba '

       Ada banyak Makhluk Allah di Alam semesta ini, baik yang tampak maupun yang tak terlihat langsung oleh mata. Mulai hal yang palng besar hingga paling kecil, terdapat berbagai macam bentuk mereka dan tentunya memiliki tujuan tertentu yang meski masih banyak yang tidak diketahun manfaat dan bahayanya.

      Salah satunya adalah munculnya makhluk kecil di penghujung 2019 sekitaran Pertengahan November di Negara Cina tepatnya di kota Wuhan yang distilahkan saat ini adalah Corona covid19 yang sudah mewabah dan mencapai status pandemi karena menjangkit lebih dari 1, 2 juta jiwa skala internasional (detik.com PERKEMBANGAN VIRUS CORONA, Update 6 April 2020 pukul 15.50 WIB )


       Sampai saat ini, makhluk kecil ini memporak-porandakan kehidupan dunia skala internasional, di mana ku…

AL-QURAN & HADIS

PERBEDAAN KAYA DAN MISKIN - Sedekah Bukan Hanya tentang Uang
by : Zaharuddin



Ketika orang yang kurang mampu, orang yang memiliki keterbatasan dalam persoalan harta dan ekonomi, dan bahkan mereka sendiri tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Maka apa yang terjadi bila mereka diharapkan bersedekah dan menunjukkan kepedulian sosial mereka ? kalaupun mereka mampu menafkahkah sebagian dari harta yang dimilikinya maka hanya berapa saja yang mampu mereka keluarkan? tapi jika dialihkan kepada orang yang tajir dan kaya, dan memiliki semangat ibadah yang kuat, maka jumlah bantuan sosial dari mereka akan sangat berbeda dari pada orang yang terbatas ekonominya. Besar dan sedikitnya, bukan menjadi sasaran utama penulis mengenai pembahsan ini, Tapi motivasi ibadah yang terdapat di dalamnya bisa dijadikan bahan pembelajaran. contoh; ketika orang kurang mampu dan orang kaya memiliki semangat dan praktek ibadah yang seri dan seimbang, maka orang kaya lebih berpotensi lebih dekat dengan Allah, dekat dengan ridha dan rahmat Allah, apakah benar demikian ??

<<<READ MORE>>>

                                                                                    

PERBEDAAN KEBAIKAN DAN KEBURUKAN DALAM HADIS
by : Zaharuddin



Manusia diciptakan sebagai makhlluk sempurna, selain memiliki bentuk yang sangat paling baik dan dia juga memilki kelengkapan jiwa dan pikiran dalam dirinya, fisik dan psikis, sehingga dia sangat berbeda dengan makhluk lainnya. itulah sebabnya manusia memiliki pilihan dalam menjalani hidupnya di dunia, apakah berjalan di jalur yang benar atau di jalur yang salah. olehnya itu, dia dituntun dalam al-Qur'an dalam menggunakan kesempurnaan dirinya dalam mencapai ridha dan rahmat Allah, dituntun dalam mengerjakan yang baik dan menjauhi yang buruk. ketika tidak demikian, maka dalam al-Qur'an dikatakan lebih rendah dari binatang. karena memilki kelebihan dari makhluk lain tapi tidak salah gunakan dan tidak dimanfaatkan dengan baik. begitulah pentingnya dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

<<<READ MORE>>>

                                                                                    

SAAT JIBRIL BERWUJUD MANUSIA - AJARKAN ISLAM IMAN DAN IHSAN
by :  Zaharuddin



Pernah suau ketika, ada seseorang yang datang menemui Nabi di antara sahabat, dan membuat sahabat heran dan tercengan akan kedatangan orang itu. Paling menariknya ketika orang itu bertanya dan membenarkan apa yang dijawab oleh Nabi, seolah-olah orang terlihat seperti manusia biasa tersebut lebih tahu daripada Nabi. Ternyata dia adalah malaikat Jibril yang datang menemui Nabi dan memberikan pengajaran tentang agama yang dibawakannya.

<<<READ MORE>>>

                                                                                    

cara MEMAHAMI AYAT DENGAN AYAT - TAFSIR BIL MA'TSUR
by : Zaharuddin



Salah satu metode yang telah disepakati ulama dalam memahami ayat al-Qur'an yakni dengan menerapkan metode bil ma'tsur. Metode ini adalah salah satu metode yang kuat dalam memahami ayat karena yang dipakai berasal dari dasar yang kuat. Dalam pembahasan ini juga mencantumkan contoh yang mudah untuk dipahami. Maka seperti apakah metode ini ? tekan berikut untuk menuju pembahasannya.

<<<READ MORE>>>

                                                                                    

HADIS TENTANG LARANGAN MENYIKSA HEWAN tanpa hak
by : Zaharuddin




Sebagai makhluk yang berjiwa sosial, manusia bukan hanya bermanfaat kepada manusia lainnya tapi bermanfaat juga kepada hewan dan tumbuhan. karena manusia diciptakan sebagai khalifah dalam manjaga dan memakmurkan alam semesta. Salah satunya adalah ditemukannya hadis yang memerintahkan untuk tidak berbuat semena-mena terhadap hewan. Namun, di sisi lain agar disarankan menjaga dan mempertahankan diri dari hewan yang berbahaya dan disuruh untuk membunuhnya.



                                                                                    

CONTOH MUKJIZAT AL-QUR'AN
by : Zaharuddin




Sudah sangat familiar bahwa al-Qur'an itu adalah mukjizat Nabi Muhammad Saw. Namun, dalam artikel ini membahas kenapa al-Qur'an merupakan mukjizat ? Contoh mukjizat al-Qur'an serta makna mukjizat itu sendiri. di bahas pula mengenai perbedaan mukjizat, keramah dan sihir. Walau penjelasannya masih sangat sederhana tapi semoga bisa bermanfaat kepada pembaca.



                                                                                    


PENGANTAR CARA MEMAHAMI HADIS
by :  Zaharuddin


Pertemuan kali ini, memberi gambaran memberikan pemahaman yang simpel mengenai sebuah hadis. terdapat beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam mengkaji hadis, seperti ; menggunakan metode tahiliy dengan mengkaji berbagai aspek yang berkaitan dengan hadis, mengunakan metode muqaran dengan membandingkan dengan hadis lain, serta mengelompokkan hadis dalam topik yang sama atau metode maudhiy, dan lain sebagainya akan di bahas petemuan ini.


                                                                                    

CARA MEMAHAMI MAKNA AYAT
by : Zaharuddin


Dalam pembahasan ini, akan diberikan pembahasan secara umum sebagai pengantar dalam memahami makna ayat al-Qur'an, baik dengan sebuah metode ataupun menggunakan sebuah pendekatan khusus dalam mengkaji makna yang terkandung di balik sebuah ayat. Poin yang tercantum masih dalam gambaran umum, dengan tujuan untuk memudahkan dalam membedakan bagian-bagian tertentu dalam pembahasan di situs ini ke depannya.



                                                                                    

Comments

ARTIKEL POPULER

Corona Covid 19 Ajang Renungan Introspeksi Giat beribadah

Cara Mengontrol Niat Positif dan Mindset sebagai Motivasi Ibadah

DETIK TERAKHIR RAMADHAN - Sudahkah Anda ?

COVID 19 DAN TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER

Hadis tentang Larangan Menyiksa Hewan

CONCEPT OF APROACH TO GOD

Ketika Allah Jatuh Cinta - Zuhud

Puasa Syawal Berurutan atau Tidak ?

UMKM Pilihan: Outlet Seluler, Ibadah Tetap Lancar

Keistimewaan Bulan Ramadhan

ARTIKEL BERSPONSOR